Battle of Surabaya

Battle of Surabaya

 

Siapa sih yang gak tau tentang “Battle of Surabaya“? Berhubung tanggal 18 kemarin saya mendapat kesempatan untuk hadir dalam gala premiere film animasi anak bangsa ini, saya akan memberikan sedikit info untuk kamu yang belum menontonnya. ^^

Battle of Surabaya adalah film animasi pertama anak bangsa yang sudah cukup lama kita tunggu kehadirannya. Film ini sempat mundur dari jadwal peluncurannya pada Februari tahun 2014 yang lalu. Film animasi Battle of Surabaya ini, bercerita tentang salah satu peristiwa bersejarah Indonesia tanggal 10 November 1945, tepatnya di Surabaya seperti judulnya. Dalam sejarah dunia, peperangan ini merupakan salah satu perang yang paling banyak memakan korban.

Film Battle of Surabaya ini dibuat oleh salah satu studio animasi yang cukup terkenal di daerah Yogyakarta yaitu, MSV Picture dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Amikom.

Pada awalnya Battle of Surabaya direncanakan untuk serial televisi sebanyak 13 episode dengan judul “Petualangan Abdan”. Tapi karna adanya halangan yang didapat, Petualangan Abdan dirubah menjadi Battle of Surabaya.

Seperti yang sudah saya katakan diatas, film Battle of Surabaya digarap cukup lama, yaitu selama tiga tahun. Hal ini dilakukan karena sang sutradara Aryanto Yuniawan, ingin memberikan nuansa animasi yang terbaik untuk semua penonton Indonesia. Beliau memberikan sentuhan yang cukup berbeda dari yang kita bayangkan. Selain itu, Aryanto Yuniawan mengatakan bahwa Battle of Surabaya akan di buat dalam dua versi bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Film animasi Battle of Surabaya, memiliki tiga tokoh utama, Musa, Yumna dan Danu. Tiga tokoh utama ini adalah tokoh fiktif yang digunakan untuk membangun cerita sejarah agar mudah diingat oleh masyarakat. Selain itu para pengisi suara dari film ini pun, juga ikut mendongkrak popularitas film animasi ini, melalui poling yang di adakan pada fan page FB Battle of Surabaya. Poling ini pun jatuh pada Maudy Ayunda sebagai “Yumna” yang paling banyak dipilih oleh fans Battle of Surabaya. Tentu tidak hanya Maudy Ayunda saja yang turut mendukung, ada juga Reza Rahadian sebagai “Danu”, dan Ian Saybani sebagai “Musa”.

Hal membanggakan lainnya adalah, ternyata film animasi Battle of Surabaya ini mendapatkan support khusus dari studio animasi terbesar “Disney”. Memang Disney tidak terlibat langsung pada urusan konten animasi, tapi Aryonto mengatakan Disney banyak memberikan masukan pada sistem produksi film tersebut. Wow, ini merupakan suatu kebanggaan bagi studio animasi Indonesia yang sudah berhasil menarik perhatian studio sekelas Disney.

Penasaran, seperti apa serunya film animasi anak bangsa ini? Saksikan sensasinya di bioskop kesayangan kamu 😀

Andria

Iklan

8 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s