Asiknya Belajar Membuat House Jar dari Bahan Clay

Sebagian dari kalian pasti udah tau kalau akhir – akhir ini aku lagi suka main clay. Nah, hasil clay pertama ku mungkin kalian juga udah pada liat di instagram ku. Tapi rasanya ada yang kurang kalau belum di posting secara ke seluruhan di blog ini. Mau tau seperti apa proses aku bikin clay? Stay tune terus ya di “TanganBawel”

Ini hari pertama aku beli clay. AlasanΒ aku mau mainΒ clay ini adalah karena terinspirasi dari salah satu anak magang di kantor yang juga lagi gandrung main clay, namanya Emily. Nah, untuk latihan pertama ku, aku mau coba untuk mencontoh apa yang sudah di bikin sama Emily supaya aku tau tahap – tahap dalam membuat bentuk dari bahan clay itu seperti apa.

My new toys 😁 #diy #clay #photoofday #art #handmade #instamood #uploaddiy

A post shared by Andria Nur Wahyu (@saiiandria) on

Ini hasil hari pertama aku bikin house jar dari clay. Pertama kali aku bikin ini, pas bikin bagian temboknya aku cuma tempel claynya sedikit demi sedikit gitu. Ternyata, hal yang aku lakukan ini salah. Seharusnya aku buat dulu bentuk claynya tipis baru aku tempel di jarnya. Tapi oke lah, aku baru tau cara ini setelah tahap pembuatan ke 4, hahaha… Btw, walau pun pakai cara yang salah, tembok kayu yang aku buatini gak fail loh. Hanya pengerjaannya jadi lama banget. Untuk progress pertama aku butuh waktu 4 – 5 jam untuk menghasilkan bentuk itu aja.

Next step, di hari selanjutanya aku lanjut untuk membuat pintu dan jendela. Kalau diliat – liat, ini keliatannya gampang. Sejujurnya bagian ini cukup menyita waktu aku, terutama untuk bikin bagian jendelanya. Gileee looh, karena bikin jendela di pintu aja susah, akhirnya jendela yang sesungguhnya aku cuma bikin gulungan clay kecil yang di tempel-tempel, hahaha.. Liat foto untuk lebih detailnya ya.

Selanjutnya, aku sempet berhentiΒ satuΒ minggu buat ngerjain house jar clay karena ada banyak hal yang harus dikerjain. Nah, setelah satu minggu, akhirnya aku ada waktu senggang lagi. Aku memutuskan bikin atap yang beda dari house jarnya si Emily. Karena atap yang dia buat lumayan cukup susah untuk aku, hahahaha.. Jadi aku bikin model daun aja.

Lagi – lagi aku gak punya waktu untuk lanjutin main clay nya. Jadi kepending satu minggu kemudian. Nah, kali ini aku mulai dengan detail yang ada di tembok kayu nya. Pasti donk aku gak mau house jar ku cuma flat aja tanpa ada hiasan. Akhirnya aku bikin, bunga matahari, bunga mawar kecil dan juga pohon apel di sekeliling tembok kayu.

Daaaaaaaaan, pending lagi dua minggu. (Aku banyak pendingnya ya –“)
Setelah dua minggu aku lanjut detailing lagi dengan menambahkan batu – batu dan juga rumput merambat ke house jar ku, biar bagian yang ada pohon apelnya gak keliatan ngeblok banget warna nya dan biar terkesan rame juga.

Lanjut lagi di hari selanjutnya, aku mulai 100% ke tahap pewarnaann. But, you know guys, I broke the roof. Aku gak sengaja ngejatuhin house jarnya dan akhirnya atap daun ku copot semua. Yak, aku stuck 2 hari ngeliat apa yang udah lakuin ke atap nya.

tutorial-membuat-house-jar-dari-clay.jpeg.jpeg

Finally, setelah dua hari prihatin sama bentuk atap dan gak ngerti harus aku apain. Aku memutuskan untuk benerin atapnya dengan cara di lem pake power glue. Daaaan, yes cara ini berhasil. Atapnya kembali seperti awal dan aku ngelanjutin tahap pewarnaan sampai dengan selesai. Ini dia hasilnya, tadaaaaaaa….

Bagaimana menurut kamu? Ya, masih ada bagian yang gak sempurna, tapi ini lah hasil karya pertama ku. Semoga cerita ku memberi inspirasi buat kali untuk ikutan main clay kayak aku.

 

Iklan

6 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s